Jumat, 03 Februari 2017

CROSS BORDER FEE, BIAYA TAK TERLIHAT YANG MUNCUL DI LEMBAR TAGIHAN

CROSS BORDER FEE, BIAYA TAK TERLIHAT YANG MUNCUL DI LEMBAR TAGIHAN

Apakah itu cross border fee? ?
Transaksi e-commerce ada pada lingkup global. Didunia global, menyebar beraneka merchant on-line yang jual product mereka pada pelanggan asing. Saat jual pada beberapa pelanggan, merchant on-line bakal di beri pemberitahuan perihal cost yang digunakan untuk sistem transaksi itu. Berikut yang dikatakan sebagai cross border fee.

Dahulunya, pemrosesan transaksi kartu credit tak di pengaruhi oleh tempat si pemegang kartu. Namun itu yaitu masa-masa sebelumnya e-commerce menyeruak. Walau demikian, Visa serta MasterCard saat ini bisa menilainya cross border fee lewat processor pada kartu credit, hingga kapanpun Anda lakukan transaksi diluar negeri, processor kartu credit Anda pastinya akan menyerap cross border fee yang ditaksir oleh merk credit card, atau meneruskannya segera ke merchant.

Kemudian, saat Anda menyaksikan billing statement diakhir bln., Anda kaget lantaran disana tercantum cross border fee (dalam sebagian persoalan ada yang dikatakan sebagai foreign transaction fee) , sesaat Anda sekalipun tak jelas apa yang disebut dengan cross border fee.



Baca juga : Membuat perlindungan Kartu Credit Anda dari Bahaya Pencurian


Bagaimana cross border fee dapat diberlakukan?
Saat satu transaksi kartu credit diolah, jadi Visa serta MasterCard bakal menyaksikan kedalam 2 hal, ialah :

Negara mana kartu credit itu di keluarkan? Contoh : Anda yaitu pemegang kartu credit HSBC yang di keluarkan oleh bank HSBC Indonesia.
Di negara manakah account merchant on-line itu di keluarkan? Saat Anda mendaftarkan account merchant Anda, Anda mesti mencantumkan alamat merchant. Ini untuk memastikan dimana basis merchant on-line Anda. Umpamanya, merchant ada di Singapura.
Dari kondisi diatas, berada asal kartu credit HSBC yaitu Indonesia serta diperlukan untuk belanja di merchant on-line yang ada di Singapura, jadi transaksi ini dimaksud menyeberangi garis (batas negara) , hingga digunakanlah cross border fee.

Berapakah besar cost cross border fee?
Besar cross border fee tergantung dari mata duit dimana transaksi diolah. Jika merchant jual product pada pelanggan internasional di mata duit pelanggan, jadi cross border fee nya sebesar 0. 80%.

Tetapi, apabila merchant jual produknya pada pelanggan internasional di mata duit terkecuali mata duit lokal pelanggan itu, jadi cross border fee nya ialah 0. 40%.



Baca juga : 4 Anjuran untuk Bebas dari Hutang Kartu Credit


Adakah langkah hindari cross border fee?
Satu langkah untuk hindari cross border fee ini, yakni dengan memanfaatkan bank penerbit kartu credit yang mensupport pemrosesan-multi-mata duit, atau mengarahkan pelanggan merchant untuk beli product lewat distributor lokal product merchant itu.

Pembaca setia pilihkartu. com, sebelumnya bertransaksi on-line, check kembali kartu credit Anda apakah memberlakukan cross border fee ini, atau Anda dapat bertanya hal semacam ini pada customer service penerbit kartu credit Anda. ? Mudah-mudahan info ini mendukung ^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar